BELAJAR MENJADI IBU KREATIF
"Subhanallah ternyata untuk membuat anak menjadi kreatif itu emaknya mesti kreatif juga:)"
Di kelas bunda sayang untuk materi ke 9 ini, kami mendapatkan materi tentang kreatifitas, materi ini diberikan langsung oleh Bunda Septi Peni Wulandani. Materi yang membuat aku merasa tertohok dalem:) makanya materi ini beneran sesuatu banget. Beneran harus dipahami, direnungi dan dipraktekan. Selama ini sudah paham itu kreatifitas tapi ternyata masih "cetek" pemahaman ku tentang kreatifitas.
Mari kita cek ricek ilmunya yo;) sambil aku juga menyelami lebih dalam lagi tentang kreatifitas.
Karena selama ini bisa jadi kreatifitasku terbelenggu dengan sistem yang ada yang mendarah daging sehingga membuat kita seperti ini. Merasa takut salah, menjadi aneh karena berbeda, unik, dan menjadi sorotan karena tidak biasa.
Dari cara pemberian materi kali ini saja, Bunda Septi sangat kreatif:) berbeda dari biasanya. Kereeen menurutku. Sehingga lebih mengena kepada kami sebagai peserta kuliah.
Dimulai dari pemberian slide dengan judul besar, namun kami diperlihatkan hanya setengah halaman saja:D dan kami diminta menebak tulisan apa di slide tersebut.

Namun ternyata tulisan tersebut bukan "Be Creative" dan tulisan tersebut adalah
Taraaaa bagaimana? bener gak? heheh jauh banget kan ternyata dengan apa yang dimaksud pemberi materi:)
Terus-terus mau tahukan bagaimana caranya untuk kita bisa menggali kreatifitas kita:) Ini aku share yah ilmu yang didapatkan di kelas.

1. JANGAN BERASUMSI
Karena dengan berasumsi bisa menghambat pikiran kita untuk berpikir. Karena mungkin aku sendiri merasa tidak pantas atau tidak layak, malu, dll sehingga menghambat kita dalam menciptakan ide-ide baru untuk menciptakan sesuatu yang memudahkan kita sendiri minimal.Jangan buru-buru membuat pernyataan namun banyak membuat pertanyaan kepada anak kita (CLEAR) dan tugas kita hanya mengklarifikasi saja (clarify) _Eheem.....mari kita dalami ini:) jadi teringat aku pernah menonton di youtube cerita keluarga bunda Septi, bahwa ternyata anak-anak Bunda Septi dan Pak Dodik ini ketika kecil sering diminta membuat pertanyaan-pertanyaan. Jadi bermain membuat pertanyaan, contohnya ketika Bunda Septi menyebutkan satu nama benda maka anak-anaknya menyebutkan apa saja yang bisa menjadi pertanyaan dari hal ini.
Contohnya ketika disebutkan pohon,,,,, maka anak-anak membuat pertanyaan, Ada berapa pohonnya?, dimana letak pohonnya?, Mengapa pohon itu? dll yang kesemuanya mencakup 5W 1H.
Dan aku pernah mencoba ide ini kepada anak-anak, lumayan mengasyikan. Games ini seperti ini seru dilakukan ketika kita sekeluarga berada dimobil dalam suatu perjalanan. Dan hal ini membuat anak menggali keingintahuan mereka lebih lanjut. Karena selama ini yang kita dapatkan bahwa anak yang pandai menjawab adalah yang anak yang pandai. Namun ternyata justru suatu hal baru itu tercipta ketika kita bertanya karena dengan bertanya kita berpikir untuk mencari cara bagaimana memecahkan masalah kita.
Wowwww mari kita catat, renungi dan praktekan pada anak-anak kita lebih sering lagi metode menggali pertanyaan ini pada setiap hal yang ada di alam semesta ini.
2. OUT SIDE THE BOX THINKING
Nah ini kita jangan membatasi pemikiran kita dengan pengalaman kita selama ini. Mari kita belajar berpikir berbeda dengan yang biasanya kita lakukan. Ini sebenarnya untuk anak-anak masih lebih mudah karena mereka belum memiliki pengalaman-pengalaman. Anak-anak ini akan menciptakan pengalamannya sendiri. Bila kita sudah memahami point ini, insyaAllah kita akan lebih sering membiarkan anak kita melakukan kemauannya sendiri. Berkreasi dengan impiannya sendiri dan menciptakan karyanya sendiri tanpa terhalang dengan hal-hal yang sudah ada.

Ini contoh out of the box:) di slide sebelah kiri itu kita diminta untuk menghubungkan ke 9 titik ini, hanya dengan 3 garis yang tidak terputus saat kita menghubungkannya.
Dan ini jawabannya loh.....beneran aku juga pas coba-coba salah:) mikirnya terlalu rumit dan gaya-gaya fokus ternyata jawabannya begini heheheheh
3. PROSES KREATIFITAS ADALAH : EVOLUSI; SINTETIS; REVOLUSI

Inilah kreatifitas sesungguhnya. Maka kita bisa menciptakan hal baru untuk menjadi solusi dan mempermudah hidup kita.
Dibawah ini contoh-contoh proses kreativitas,,,tebak yo masuk yang mana, evolusi, sintetis atau revolusi:)


Tujuan mulianya semoga anak-anak kreatif ini kelak bisa memakmurkan bumi dan memberikan kebaikan pada sesama, mempermudah dan memberikan solusi kehidupan. aaamiinyra
sumber :
1. Materi kuliah bunda sayang IIP
2. You tube, Meraih impian, septi peni wulandani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar