Pagi tadi fashal bertanya pembagian 42:6 berapa mi? Ternyata ada pekerjan rumah dari gurunya yang harus dikerjakan.
Aku tidak langsung jawab, kebetulan aku sedang didapur membuat sarapan pagi dan bekal buat anak-anak. Aku tertegun sebentar sambil berpikir bagaimana caranya yang enak dan mengena buat fashal.
Aku harus menemukan barang atau benda yang jumlahnya 42....apa itu?
Subhanallah pas badanku berbalik mau mengambil bawang untuk bumbu nasi goreng. Aku melihat sekeranjang bawang merah disana. Tanpa pikir panjang Aku ambil bawang-bawang merah itu sebanyak hitungan 42 bawang, aku tarok diatas piring plastik besar. Kemudian aku inget, aku punya piring-piring kertas bekas kue ulang tahun yang masih aku simpan di lemari piring. Alhamdulillah ada lebih dari 6, cukup untuk eksekusi praktek belajar pembagian Fashal.
Aku letakan sepiring bawang merah ini diatas meja, dan aku tarok piring-piring kertas berjejer di atas meja juga sebelahan dengan piring bawang. Kemudian aku minta fashal membagi bawang ini masing-masing satu-satu dulu setiap piring, kemudian dua dua, tiga-tiga dst sampai habis. Aku lepas dan mengawasi dari dapur ketika dia membagi bawang ini kesetiap piring kertas. Terakhir tidak habis....dan ternyata aku mengambil bawang merahnya berlebih. Kemudian aku minta fashal menghitung bawang-bawang di semua piring kertas yang ada, aku tanyakan padanya, apakah ada 42? Alhamdulillah lengkap ada.
Kemudian aku minta fashal menghitung bawang disetiap piring kertasnya apakah sama rata masing-masingnya? Tadinya fashal masih kurang mengerti, namun lama-lama insyaAllah dia mengerti.
Alhamdulillah akhirnya Fashal menemukan bahwa 42:6=7 dan ada 7 siung bawang merah disetiap piring kertasnya.
Demikian riset gaya belajar untuk Fashal semoga menambah kepandaian ku sebagai ibunya mendidik anak-anak sesuai gaya belajar mereka agar hasilnya optimal. aamiinyra
Tidak ada komentar:
Posting Komentar